Belajar Turbo C Episode II

Nah..waktu postingan lalu kita telah belajar bagaimana mencetak kalimat di Turbo C. Gampang kan? sekarang waktunya kita untuk belajar bagaimana menginputkan dua buah nilai lalu menambahkannya. Di postingan ini pun akan di jelaskan tentang bagaimana cara kerja include dan scanf di turbo C. Dan pastinya temen – temen sekalian akan sulit tidur memikirkan apasih yang di maksud dengan “include” dan “scanf”? bikin pusing aj tu si femy.

Karena saya sudah berjanji akan menjelaskan hal tersebut kepada kalian di postingan ini. Maka let’s get ready to understand this syntax.

#include <stdio.h> : diantaranya untuk memangil perintah “printf”, “scanf” dan sebagainya

#include <conio.h> : diantaranya untuk memanggil perintah “getch” dan sebagainya.

Analogi dari sebuah include diibaratkan seperti ini. kita mempunyai dua buah gudang. Gudang pertama saya namakan <stdio.h> dan gudang yang kedua saya namakan <conio.h>. di dalam gudang pertama terdapat seperangkat peralatan yang bisa mencetak karakter. Dan digudang kedua terdapat seperangkat peralatan yang bisa menyangga program yang akan kita outputkan (hal ini telah dibahas di postingan “belajar turbo C episode I”). Nah sekarang andai kita ingin membuat meja untuk suatu kebutuhan tertetu, kita membutuhkan gergaji untuk memotong, membutuhkan “hampelas” untuk menghaluskan, penggaris untuk mengukur, cat untuk memperindah dan masih banyak lagi tools – tools yang kita butuhkan. Dari mana kita  bisa mendapatkan alat – alat diatas. Ya…fem! pasti ga salah lagi, semuanya pasti dapat dari gudah!!!!!…1000% buat anda yang menjawab begitu..Sama halnya dengan suatu program, apabila kita ingin mencetak suatu kalimat atau karakter. Maka kita perlu mengambil peralatannya di gudang <stdio.h> yaitu “printf” tadi, apabila kita ingin memasukan suatu nilai ke suatu variabel, maka kita perlu mengambil “scanf” di <stdio.h> begitu seterusnya. Dan saya pun berfikir “ternyata komputer itu butuh bantuan juga ya..dasar lemah”..(mf ya om komputer).

Apabila kalian sudah mengerti tentang konsep include maka cobalah program input/output dibawah ini.

#include <stdio.h>

#include <conio.h>

int main(void) {

int x,y;

printf(“Masukan bilangan ke-1 : “);

scanf(“%d”,&x);                                                          /* Memasukan bilangan 1 ke variabel x */

printf(“Masukan bilangan ke-2 : );

scanf(“%d”,&y);                                                           /* Memasukan bilangan 1 ke variabel y */

printf(“Hasil dari %d + %d = %d”, x, y, x+y); /*Menambahkan nilai dari variabel x dan y */

getch();                                                                         /* Menyangga program */

return 0;                                                                       /* reset */

}

Untuk baris pertama dan kedua itu merupakan gudang yang kita gunakan. Nah sekarang coba liat baris ke tiga yaitu :

int main (void) {

sintak diatas itu sebernarnya bisa ditulis begini :

main () {

artinya kita sedang menulis fungsi utama dari sebuah program dengan nama main. Fungsi utama harus menggunakan nama “main”. kemudian “{” adalah begin. kemudian dibaris kedua itu adalah pendeklarasian variable. Saya menggunakan variable x untuk memasukan bilangan ke satu dan variabel y untuk memasukan bilangan kedua. Tentu saja nantinya x dan y akan ditambahkan.

Nah..liat sintak yang ini..(ini penting lho..).

scanf(“%d”, &x);

sintak diatas maksudnya adalah kita men-scan atau memasukan nilai yang kita ketikan dari keyboard ke variabel x. Trus kenapa ribet banget harus pake “%d”, &x fem? udah aj langsung scanf(x) gitu kayak dipascal. Klo itu di pascal..berbeda lagi kalo di dunia C. Coba perhatikan ya!Misalnya :

int x=4, y=2, z=1;

printf(“femy merupakan %d bersaudara dari %d orang adik dan %d orang kakak”, x, y, z);

Hasilnya akan seperti ini :

Femy merupakan 4 bersaudara dari 2 orang adik dan 1 orang kakak

jadi “%d” diatas menunjukan tipe dari variabel yang akan di outputkan yaitu INTEGER. Jadi dalam turbo C kita tidak bisa langsung memasukan variabel diantara tanda kutip di dalam sebuah string. KALAU MISALKAN KALIAN MEMBUAT SEPERTI DIBAWAH INI KALIAN SALAH BESAR.

int x=4, y=2, z=1;

printf(“femy merupakan x bersaudara dari y orang adik dan z orang kakak”);

Nah….begitu pula dengan sintak diatas.

scanf(“%d”,&x); ini maksudnya adalah memasukan nilai dari keyboard yang bertipe “%d” ke variabel &x (bertipe integer ke variabel x)..duh fem mau ngomong atau berkomunikasi dengan komputer aja susah banget ya…Hey…gak susah kok..ayo donk wake up. Kalian ini teknik komputer..masa gini aj bilang susah sih..hihi..sok saya beri waktu kalian beberapa menit untuk merenungkan mantra – mantra diatas.

Untuk baris selajutnya itu sama seperti yang telah dijelaskan. Jika sudah mengerti cobalah untuk memasukan sintaknya ke program Turbo C yang telah kalian download atau beli atau bajak ataupun dapat dari teman.

Dan akhir kata, selamat mencoba..kita ketemu next time Ok?…dahhhhh…

Sumber : I Made Joni &amp; Budi Raharjo, Pemrograman C dan Implementasinya Edisi Kedua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s