Belajar Turbo C Episode I

Setelah satu semester bergelut di Turbo Pascal. Kemudian di semester kemarin bergelut dengan Assembly yang begitu gampang di pahami. kayak nya sekarang kita harus belajar lagi nich tentang pemrograman yang bisa di bilang rata – rata orang khususnya di teknik komputer Universitas Padjajaran sudah menguasai Pemrograman ini sampai – sampai gak perlu lagi di bahas tentang pengenalan turbo C dikarenakan setiap orang di teknik komputer ’08 unpad sudah hafal semua operand – operand Turbo C di luar kepala … uwisssssssss… hebat banget ya anak – anak tekomp.. hihihi…

Nah.. kita sudah cukup berbasa – basi.. hanya sekedar untuk merefreshkan otak sejenak sekarang tiba saatnya untuk pembahasan.

MAKHLUK APAKAH TURBO C ITU?

Did you know? Bahasa C ini digunakan untuk mengembangkan sistem operasi Windows yang sebagian besar dari kalian gunakan untuk menyawai komputer kalian. Dan sekarang ini di gunakan untuk mengembangkan sistem operasi Linux. Bahasa C juga banyak digunakan dalam mengembangkan Perangkat Lunak untuk Game… Jadi Sigit!!!!! Cam kan itu ya.. hihihi… Jangan Maen game terus .. tapi harus bisa juga buatnya dengan bahasa C ini…hihihi

KERANGKA BAHASA C

Pemrograman komputer itu ibarat “Hei Komputer! Saya mau beli nasgor”..maka komputer dengan senang hati membeli nasi goreng untuk majikannya (programmer). “Hei Komputer! saya mau kamu tonjok Agil Sigantang”, maka komputer dengan senang hati pula melaksanakan perintah sesuai yang di perintahkan si bossya .. atau mungkin si komputer malah akan senang menonjoki Agil ya? hihihi… dengan kata lain komputer tidak akan salah dalam hal pelaksanaan perintah. Ada pepatah mengatakan “komputer tidak bisa bohong”. Oleh karena itu jika berlian masuk maka keluarannya pun akan berlian. atau jika Sampah masuk keluarannya pun akan sampah. jadi maksud saya jika kalian memerintahkan / menuliskan kerangka programnya dengan benar, maka output program pun akan sesuai dengan yang kita inginkan. Perhatikan Kerangka Bahasa C dibawah ini.

int  main (void) {

Statemen_yang_akan_dieksekusi;

return 0;

}

wah… fem!!! kayaknya rada – rada perlu memutar otak nih. Ah..sebenernya gak perlu repot – repot otak di putar – putar.. coba liat sintaknya baik – baik, itu adalah program utamanya. Dengan nama “main” dan statemen/perintah – perintahnya di tempatkan di antara “{” (begin) dan “}” (end) jadi tidak ada kata begin – begin-an lagi seperti di Bahasa Pascal yang ada di Turbo C yaitu Fungsi. Penampakan yang kalian liat diatas itu adalah Fungsi utama dari sebuah program. Trus…apaan donk itu “return 0;”. Oh, itu.. itu fungsi untuk mengembalikan nilai – nilai dari suatu variable ke nol lagi (return 0 = kembali ke 0). Dengan kata lain kalo di pelajaran “Go to The Hell” itu, semua Flip – flop di reset ke nol lagi.. hihihi..mf ya akang – akang dan teteh – teteh..bukan ku bermaksud.

tah sekarang Coba deh  Contoh Program Cetak Kalimat dibawah ini.

#include <stdio.h>

#include <conio.h>

int main (void) {

printf(“Halo kawan, Sekarang saya lagi belajar bahasa C.”);

getch();

return 0;

}

duh..fem!! apaan lagi sih itu ada include – include segala? mana kayak not balok aja tu si sintak pake “#” segala..ah pusing ah.. Jangan dulu pusing Bro/Sis.. include klo di bahasa C itu sama dengan uses di Pascal…nah sekarang dunia udah agak lebih cerah kan? trus kalo scanf dan prinf apa dong? Kalau scanf itu sama dengan readln dan kalau printf itu sama dengan writeln. wah..kayaknya makin cerah aja ni dunia. Untuk masalah scanf ini akan dibahas untuk postingan selanjutnya di kategori Turbo C. Trus kalo getch itu buat apa fem? getch itu kalo dalam program ini berfungsi sebagai penyangga..cobain dech kalo misalnya program di atas gak di sisipkan getch dan liat bagaimana hasilnya? kalian pasti bisa menyimpulkan sendiri apa itu getch. kalau tidak ada getch maka si program akan berjalan tanpa ada penahan untuk kita melihat output dari program. adapun output yang dihasilkan program diatas dapat di lihat dibawah.

Hasil dari Program di atas

Hasil dari Program di atas

nah apabila sudah benar maka komputer akan menampilkan seperti gambar diatas.

Karena saya liat semua orang udah pada memble meliat semua sintak – sintak dan tulisan saya yang tidak karuan ini. Maka perkenanakanlah saya untuk mengakhiri Pembahasan pengenalan turbo pascal episode I ini. Apabila ada yang ingin mendownload softwarenya download aja di http://www.brothersoft.com/turbo-c-182798.html . and jangan lupa kasih comment biar nanti saya perbaiki apabila ada kesalahan yang di sengaja maupun tidak di sengaja menyentuh hati kalian.hie..See ya next time..

Sumber : I Made Joni &amp; Budi Raharjo, Pemrograman C dan Implementasinya Edisi Kedua

10 responses to “Belajar Turbo C Episode I

    • ga tw tah..klo di Lab pake turbo versi berapa. tapi yang pasti turbo C versi 3 dijamin sama aj kayak turbo C di Lab jangan khawatir. Karena pada dasarnya sama saja mau versi – versi berapapun juga..

  1. hahaha…gokil mi pembahasanya.
    klo turbo c yg versi 3.0 itu versi yg dipake d lab skarang ya?

    • ga tw tah..klo di Lab pake turbo versi berapa. tapi yang pasti turbo C versi 3 dijamin sama aj kayak turbo C di Lab jangan khawatir. Karena pada dasarnya sama saja mau versi – versi berapapun juga..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s